Trik sederhana bikin Suzuki Shogun 125 SP enak digas, venturi karbu direamer 2 mm. Namun risikonya tidak bisa menggunakan skep standar lagi. Tentunya berakibat pada bocornya udara langsung masuk ruang bakar. Untuk itu skep Mikuni VM 18 di Shogun 125 diganti dengan Punya Gl100(seperti pada gambar 1)
Dibilang mudah karena cukup ganti throtle valve. Tapi kudu ada ubahan yang juga butuh pengerjaan tukang bubut. “Skep GL100 beli aja yang aftermarket. Harga Rp 20 ribuan. Terus, ngebubutnya cari yang bagus supaya hasilnya nggak mengecewakan .
Pengerjaan pemasangan skep GL100 di karbu Shogun 125 karena dimensinya beda. Diameter piston karbu Shogun 125 17 mm, sedang punya GL100 20 mm. “Mesti dibubut, dinding dalam karbu supaya skep GL100 bisa masuk. Tingginya skep GL100 mesti dipotong 1 mm pada bagian atas (gbr. 2),”
Setelah itu ada butuh penyesuaian kemiringan cut way alias coak skep (gbr. 3). Ini berpengaruh pada daya isap karbu terhadap udara. “Kalau bisa disamakan dengan bawaan asli skep Shogun 125
Jangan lupa, ubahan skep harus diikuti setingan ulang spuyer. Ini mengimbangi debit bahan bakar yang sedikit naik. saya menyarankan pilot-jet jadi 25 atau 30 dan main-jet 105 atau 110. “Jarum skep tetap pakai punya Shogun 125.
Selamat Mencoba para Riders Mania